7 Mitos tentang Istana Siak yang beredar di masyarakat yang harus kamu ketahui

7 Mitos tentang Istana Siak yang beredar di masyarakat yang harus kamu ketahui - Istana Siak merupakan salah satu peninggalan kerajaan Siak. Kerajaan Siak merupakan salah satu kerajaan Islam yang terbesar di pulau Sumatera yang masih bertahan hingga kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah proklamasi maka sultan Siak pun menyatakan untuk bergabung dengan Indonesia.

Beredar kabar bahwa kerajaan Siak hanya siap bergabung jika wilayah kerjaan Siak menjadi daerah istimewa dan Soekarno yang ketika itu menjadi presiden siap memberikan keistimewaan kepada kerajaan Siak.

7 Mitos tentang Istana Siak yang beredar di masyarakat yang harus kamu ketahui
Foto: Tripriau.com

7 Mitos tentang Istana Siak yang beredar di masyarakat

Tapi yang ingin dibicarakan disini bukan itu, tapi lebih kepada mitos yang beredar dimasyakarat yang berhubungan dengan istana kerajaan siak. Berikut ini ada 7 mitos yang beredar dimasyarakat tentang Istana Siak.

1. Putus atau Berpisah dengan Orang yang Disayang Jika Berkunjung ke Istana Siak

Beredar kabar bahwa jika kamu berkunjung ke Istana Siak bersama pacar maka kamu akan putus. Kalau yang sudah menikah maka bisa bercerai atau ditinggal mati. Tidak tau apakah ini benar atau tidak, tapi banyak yang mengatakan demikian.

2. Jumlah Tangga yang Tidak Sama Ketika Dihitung Waktu Naik dan Turun

Istana Siak merupakan peninggalan kerajaan yang masih berdiri megah hingga saat ini. Bangunan istana ini juga berlantai dua. Nah ketika kamu menaiki tangga menuju lantai 2 maka jumlah tangganya akan berbeda dengan jumlah hitungan tangga ketika kamu turun ke lantai 1. Padahal seharusnya sama karena, tangganya posisinya masih berdekatan.

3. Cermin yang Bisa Menambah Kecantikan atau Ketampanan

Disalah satu sudut ruangan Istana Siak juga ada sebuah benda yaitu cermin rias yang sering digunakan oleh permaisuri sultan semasa hidupnya. Konon kabarnya, barang siapa yang bercermin maka kecantikan atau ketampanan seseorang akan bertambah beberapa persen.

4. Patung Burung Elang Bisa Terbang

Pada bangunan Istana juga terdapat patung burung elang yang konon kabarnya bisa mengawasi, bisa terbang dan bisa bergerak apabila malah telah tiba.

5. Patung di Istana yang Bisa Bergerak

Jika kamu masuk keruang Istana Siak maka kamu akan menemukan patung manusia yang seolah-oleh sedang malakukan musyawarah kerjaan. Konon kabarnya patung tersebut pada malam hari bisa bergerak dan tangan patung yang terluka tersebut juga bisa meneteskan darah.

6. Bisa Teleportasi untuk Pergi ke Mekah

Konon kabarnya bahwa sang sultan juga bisa pergi ke Mekah hanya dengan berdiri salah satu bangunan disekitar Istana Siak. Bangunan tersebut berada di sebelah barat Istana. Nantinya tanpa harus bersusah payah dia bisa berangkat ke Mekah. Ini mirip dengan sistem teleportasi.

7. Tidak Boleh Menggunakan Baju Kuning Keemasan

Baju Kuning Keemasan merupakan warna kebesaran kerajaan Siak. Konon kabarnya siapa saja yang menggunakan baju dengan warna kuning keemasan maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerasukan sakit dan lain-lain sebagainya.

Kesimpulannya

Itulah beberapa mitos yang bisa kamu ketahui tentang Istana Siak. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang Istana Siak.
.