Wisata di Taman Nasional Zamrud Siak Riau

Wisata di Taman Nasional Zamrud Siak Riau - Taman Nasional Zamrud merupakan kawasan hutan yang memiliki dua danau unik yakni Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Kedua danau itu juga berada dikawasan hamparan ladang minyak bumi yang dikelola pemerintah Kabupaten Siak. Danau Zamrud ini terletak di Desa Zamrud, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Jika dari Pekanbaru berjarak sekitar 180 kilometer, lokasinya memang cukup jauh.

Jika menggunakan kendaraan mobil atau motor maka jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan. Kawasan tersebut cukup jauh, selain itu tidak ada angkutan umum yang melewati kawasan tersebut sehingga bisa menggunakan jasa rental mobil, dan mobil sewa, mobil pribadi. Sebelum memasuki kawasan Danau Zamrud ini pengunjung diharuskan meminta izin masuk ke Badan Operasi Bersama (BOB) CPP Block.

Kawasan ladang minyak di sekitar Danau Zamrud dikelola PT Bumi Siak Pusako dan Pertamina Hulu yang membentuk BOB. Oleh sebab itu kawasan danau tersebut bisa aman dan terjaga dari pencemaran. Air disini hitam kecoklatan, namum ini bukan karena pencemaran tapi ini ciri khas air dihutan gambut. Hutan zamrud merupakan hutan rawa primer di atas lahan gambut.

Danau Zamrud ini jauh dari pemukiman penduduk sehingga memiliki panorama alam yang eksotik. Hutan yang masih alami memiliki udara yang bersih dan sejuk. Dua danau besar disini dipinggirnya kelilingi oleh tanaman pinang merah dan tanaman rawa lainnya.

Kawasan Hutan di Danau Zamrud ini kita masih bisa menemukan berbagai jenis satwa langka seperti ikan arwana emas, ikan Balido, harimau sumatera, beruang merah, burung Serindit yang menjadi ikon Provinsi Riau juga dapat ditemukan di kawasan ini. Ingat ya kawasan hutan ini dilindungi jadi jangan coba-coba berburu disini ya.

Wisata di Taman Nasional Zamrud Siak Riau

Ikan Arwana Emas di Taman Nasional Hutan Zamrud

Menurut informasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau terdapat 38 jenis burung yang 12 diantaranya dilindungi seperti bangau putih, enggang palung, enggang benguk, enggang dua warna, dan enggang ekor hitam. Jika kamu penasaran silah cari diinternet.

Hewan ini jarang menampakkan diri pada siang hari tapi mereka nantinya akan keluaar pada malam hari. Biasanya waktu sore hari hewan-hewan ini seperti burung elang, kera, dan harimau mulai menampakkan diri satu persatu. Untuk tumbuhan kawasan ini didominasi oleh tumbuhan rawa seperti bengku, rengas dan pisang-pisang.

Di kawasan Danau Zamrud ini juga terdapat pula empat jenis primata, salah satu yang cukup terkenal adalah siamang. Di dalam danau ada 14 jenis ikan unik yang memiliki nilai ekonomi. Di kawasan danau terdapat vegetasi langka jenis pinang merah. Uniknya tanaman pinang merah disini berbeda dengan pinang merah hias karena warnanya lebih cerah.

Berdasarkan informasi dari Okezone, pemerintah Republik Indonesia juga sudah menetapkan Zamrud sebagai Taman Nasional. Peresmiannya dilakukan oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla yang didampingin oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Bupati Siak Syamsuar pada Hari Lingkungan Hidup yaitu pada 23 Juli 2016. Sebelum menjadi taman nasional, Zamrud merupakan Suaka Marga. Taman Nasional Zamrud memiliki luas sekitar 31.480 hektar. Untuk pengelolaan Taman Nasional Zamrud, Pemeritah bekerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) April Group dan juga BOB.

Oleh karena itu sekarang ini Taman Nasional Hutan Zamrud ini sudah bisa dimanfaat untuk kegiatan penelitian dan wisata.