Masjid Agung Manonjaya di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya

Masjid Agung Manonjaya di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya - Masjid Manonjaya ini terletak di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya. Mesjid Besar Manonjaya merupakan mesjid bersejarah yang usianya sudah cukup tua yang dibangun tahun 1832 pada masa pemerintahan Bupati R. Demang Anggadipa II yang bergelar Raden Tumenggung Wiradadaha VIII yang dirancang oleh Patih Raden Tumenggung Danuningrat.

Mesjid ini berkaitan erat dengan sejarah berdirinya ibu kota Kabupaten Tasikmalaya di Manonjaya dan termasuk situs peninggalan sejarah yang dilindungi Undang-undang Kepurbakalaan.

Bentuk arsitektur dan renik-renik ornamennya menggambarkan gaya arsitektur Islam masa lalu yang mangagumkan. Berdasarkan informasi dari Wikipedia arsitektur Masjid Manonjaya merupakan perpaduan desain Eropa dengan arsitektur tradisional Sunda dan Jawa. Nuansa tradisional itu bisa terlihat dari bentuk dasar bangunan, seperti ruang salat untuk wanita, serambi (pendopo) di sebelah timur, dan mustaka (memolo).

Selain itu gempa yang terjadi Rabu, 2 September 2009 di Tasikmalaya menghancurkan bagian masjid Manonjaya dan katanya renovasi masjidnya belum selesai hingga saat ini. Harapannya semoga perbaikannya segera selesai. Masjid Agung Manonjaya menjadi saksi geliat syiar agama islam di Tasikmalaya

Sumber: Info Pariwisata dan Budaya Kabupaten Tasikmalaya