Bagaimana Cara Menjadi Travel Blogger?

Bagaimana Cara Menjadi Travel Blogger? Mungkin Disini Kamu Bisa Menemukan Jawabannya - Menjadi travel blogger kamu harus memiliki kriteria ini. Kriteria yang dimaksud adalah kemampuan menulis diblog yang baik dan pastinya kamu menyukai aktivitas jalan-jalan atau traveling. Kedua kriteri ini dikombinasikan menjadi satu yaitu pengalaman jalan-jalan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang asyik untuk dibaca dan bisa menambah pengetahuan pembaca.

Di luar sana sebenarnya ada banyak orang-orang yang gemar menulis di blog, tetapi mereka tidak suka traveling. Mungkin mereka suka traveling tetapi tidak ditulis diblog. Orang yang suka traveling, mereka disebut sebagai traveler saja. Ada pula yang suka menulis diblog, tetapi mereka tidak menceritakan pengalaman travelingnya. Mereka ini disebut sebagai blogger bukan travel blogger.

Intinya jika kamu ingin menjadi travel blogger, kamu harus pandai-pandai dalam menuliskan pengalaman traveling kedalam tulisan di blog. Jika tulisan tentang traveling yang kamu sampaikan diblog bagus, menarik, asyik dibaca, tidak membosankan, dan mampu menambah pengetahuan maka kamu layak disebut sebagai travel blogger.

Jika kamu ingin belajar menjadi travel blogger maka kamu harus banyak-banyak membaca, menulis dan traveling. Satu lagi kamu harus memiliki blog. Blognya bisa dibuat secara gratis menggunakan Blogger.com/Blogspot, Wordpress.com, dan Blogdetik.com. Layanan blog gratis ini populer digunakan di Indonesia. Jika kamu sudah punya dana yang cukup bisa pakai domain dot com, dot me, dan sebagainya.

Jika kamu sudah cukup matang untuk jadi travel blogger yang profesional, maka kamu bisa langsung pakai wordpress.org seperti PergiDulu. Tapi kamu harus paham dalam menggunakan Wordpress.org ya. Kalau belum paham sebaiknya jangan dulu.

Jika ingin simpel, pakai Blogspot atau wordpress saja dulu. Tapi intinya, jenis blog apapun yang kamu gunakan kamu harus fokus menulis dan traveling. Penting untuk diketahui, jika ingin menjadi travel blog informasi yang diberikan harus berhubungan dengan traveling atau travel blog itu sendiri. Tidak blog dicampur-campur dengan topik lainnya.

Untuk traveling caranya mudah, tinggal datang aja ketempat yang kamu suka. Tidak terbatas untuk kegiatan traveling ke tempat yang jauh saja. Kegiatan hangout ke Cafe atau restoran juga bisa menjadi topik yang bisa dibahas di travel blog.

Sebelum menulis kamu harus banyak-banyak baca tulisan dari travel blogger yang terkenal atau yang sudah bagus. Lihatlah bagaimana teknik penulisan mereka, penyampaian dan gaya bahasanya. Setelah dapat, barulah kamu buat tulisan tentang traveling hasil karya kamu sendiri.

Teruslah memperbaiki tata bahasamu agak pembaca semakin memahami yang kamu sampaikan di blog. Jika memang diperlukan, tulisan kamu yang sudah lama, bisa kamu perbaharui kembali. Perbaharui disini adalah memperbaiki tulisan atau cara penyampaiannya. Mungkin dulu penyampaiannya kurang bagus, kurang to the point bisa nantinya diperbaiki.

Memperbaiki tulisan terdahulu bisa membantu artikel kamu yang sudah lama untuk muncul di halaman Google. Selain itu pembaca akan merasa nyaman karena lebih mudah dipahami.

Kesimpulannya, menjadi travel blogger itu mudah. Caranya kamu harus punya blog khusus untuk memberikan informasi traveling.


*)