12 Barang yang "Mungkin" Kamu Butuhkan Selama Traveling

12 Barang yang "Mungkin" Kamu Butuhkan Selama Traveling - Kegiatan traveling memang erat kaitannya dengan kegiatan jalan-jalan, namun tidak semua jalan-jalan bisa disebut dengan traveling lho. Biar kamu tidak pusing berikut ini saya ingin memberikan ilustrasi agar mudah kamu pahami. Misalnya kamu dari Bandung dan berangkat ke Banyuwangi untuk jalan-jalan maka ini bisa disebut sebagai traveling. Tapi kalau kamu di Bandung dan kamu jalan-jalan keluar sebentar dan nongkrong di cafe tertentu maka ini sering disebut hangout.

Lanjut ke pembahasan inti, yaitu topik mengenai barang-barang yang mungkin kamu butuhkan selama traveling. Kalau kamu yang suka atau sering melakukan traveling mungkin sudah hafal barang apa saja yang ingin dibawa ketika kamu traveling. Namun jika kamu baru ingin mencoba traveling maka ada baik kamu membaca artikel ini.

12 Barang yang "Mungkin" Kamu Butuhkan Selama Traveling
Sumber: Pixabay

Berikut ini ada 12 barang yang mungkin kamu butuhkan selama #traveling.


1. Tas untuk Kebutuhan Traveling

Jika kamu ingin traveling maka tas merupakan barang yang harus kamu bawa. Dengan tas kamu mudah membawa perlengkapan lain yang kamu butuhkan seperti pakaian, obat-obatan, dan lain sebagainya. Ukuran tas bisa disesuaikan dengan tujuan traveling dan durasi waktu traveling kamu.

Tas itu ada beberapa macam-macam. Pilihlah tas yang tidak mengganggu mobilitas kamu selama traveling. Selain itu bawa tas sesuai dengan kebutuhan kamu.


2. Pakaian Ganti Selama Traveling

Kamu yang akan traveling ada baiknya membawa pakaian ganti atau cadangan stok pakaian yang bersih. Kamu sendiri tidak akan sanggup terus menerus menggunakan pakaian yang sudah kotor.

Kamu juga bisa sakit kalau kamu tidak menjaga kebersihan selama traveling. Jangan lupa pisahkan antara pakaian kotor dan pakaian yang masih bersih. Kalau ada pakaian yang basah juga dipisahkan.


3. Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan ini perlu dibawa ketika kamu traveling. Ini bisa digunakan sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya sakit asma, mabuk perjalanan, pusing atau sakit lain yang obatnya tidak dijual diwarung-warung, kamu bisa menggunakan obat yang kamu bawa sendiri. Lagi pula tidak semua obat yang dijual cocok dengan kamu dan terkadang tidak semua tempat ada penjual obat.


4. Konsumsi baik Makanan ataupun Minuman

Sebenarnya kamu bisa saja tidak perlu membawa makanan dan minuman, namun ini akan beresiko kalau tempat yang kamu tidak ada jual makanan. Untuk antisipasi ada baiknya kamu membawa perbekalan konsumsi. Minimalnya kamu bawa minuman untuk mengatasi dahaga selama diperjalanan nanti.


5. Kamera

Kamu bisa saja tidak perlu membawa kamera. Tapi apa kamu yakin, untuk tidak merekam momen selama kegiatan traveling kamu? Amat sangat disayangkan jika kamu traveling, tapi tidak ada satupun momen terbaik yang kamu rekam.

Oke fine, kamu bisa merekam menggunakan smartphone, tapi sampai kapan kamu terus menerus menggunakan smartphone? Tanpa ada niat untuk mengintervensi, semua keputusan kamu sendiri yang akan menentukannya.

Kamera sendiri ada beberapa macam diantaranya ada kamera digital, mirrorless, action cam, kamera kedap air dan lain-lain. Bawa sesuai dengan kebutuhan.


6. Alat Komunikasi

Jika kamu traveling sebaiknya kamu membawa alat komunikasi misalnya handphone ataupun smartphone. Meskipun tidak akan kamu gunakan setiap saat, yang jelas alat komunikasi ini bisa kamu gunakan jika dibutuhkan.


7. Uang Saku

Uang memang bukan segalanya siih, tapi ada baiknya kamu tetap membawa uang lebih ketika traveling. Meskipun kamu sudah menyediakan tiket pesawat, tiket wisata, hotel dan lain sebagainya, kamu harus uang saku untuk hal yang tidak terduga. Contoh kebutuhan tak terduga misalnya untuk beli oleh-oleh, makanan khas, transportasi atau lain sebagainya. Solusi lain bisa membawa kartu debit atau kartu kredit.


8. Dokumen Penting

Dokumen penting yang dimaksud adalah ID Card (KTP), Visa atau Passport jika memang dibutuhkan. Kan ga lucu kalau kamu ingin traveling ke luar negeri tapi ga jadi berangkat karena ditahan oleh pihak imigrasi. Selain itu kartu identitas ini kemanapun kamu pergi tetap harus dibawa.


9. Powerbank

Dulunya orang traveling tidak membutuhkan powerbank, tapi seiring dengan kemajuan teknologi smartphone perangkat ini perlu dibawa. Powerbank bisa jadi andalan jika smartphone kamu kehabisan daya baterai.


10. Peralatan Mandi

Peralatan mandi ini opsional siih. Biar tidak sibuk kesana kesini ketika sampai ditempat tujuan ada baiknya kamu bawa peralatan mandi sendiri. Kamu mungkin sudah hafal peralatan mandi yang seperti apa yang harus dibawa. Bawalah peralatan mandi sesuai dengan kebutuhan dan jangan membawa yang tidak perlu untuk dibawa.


11. Sepatu dan Sendal

Kalau kamu traveling kamu sebaiknya membawa sepatu dan sendal. Tidak mungkinkan kemana-mana kamu selalu pakai sepatu dan tidak mungkin pula kamu setiap waktu pakai sendal. Sepatu dan sendal itu dipakai sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.


12. Laptop Mini

Jika traveling ke tempat tertentu mungkin kamu tidak perlu membawa laptop. Intinya bawa laptop ketika traveling disesuaikan dengan tujuan traveling kamu. Kan lumayan bisa internetan jika ada wifi gratis ketika kamu traveling. Bisa pula ngeblog atau berbagi pengalaman traveling ke forum diskusi traveling seperti Bertravel Forum :D


Kesimpulannya

Itulah beberapa barang yang perlu kamu bawa ketika traveling. Mungkin ada beberapa yang tidak disebutkan disini. Namun pada intinya bawalah barang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak butuh maka tidak perlu dibawa. Semoga bermanfaat dan pengalaman traveling kamu menyenangkan ya.