Berwisata ke Bandung Ketika Musim Hujan? Hati-Hati Bisa Terjebak Banjir

Berwisata ke Bandung Ketika Musim Hujan? Hati-Hati Bisa Terjebak Banjir - Memasuki musim hujan Bandung merupakan daerah yang mendapatkan curah hujan yang cukup tinggi. Hujan di Bandung mulai berlangsung sejak bulan September hingga bulan Januari akhir.

Namun yang amat disayangkan Bandung sering terkena banjir apalagi ketika musim hujan tiba. Tak jarang juga banjir yang terjadi Bandung sering menimbulkan korban jiwa. Selain itu ada pula yang cidera akibat terkena banjir.

Berwisata ke Bandung Ketika Musim Hujan? Hati-Hati Bisa Terjebak Banjir

Bandung sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Bandung Kota dan Bandung Kabupaten. Ketika musim hujan di Kota Bandung sering kali air hujan dari got meluap hingga kejalan-jalan. Tak jarang ini menyebabkan gangguan lalu lintas. Biasanya banjir kecil ini tidak sampai menenggelamkan rumah warga, lagi pula Bandung kota berada pada dataran tinggi. Air yang ada di Bandung kota akan mengalir ke Bandung Selatan.

Air yang mengalir dari Bandung Kota ini sering kali menyebabkan kebanjiran bagi wilayah Bandung Selatan. Bandung selatan ini merupakan wilayah Kabupaten Bandung. Di wilayah kabupaten Bandung ini sering terjadi banjir, bahkan hujan sedikit saja bisa menyebabkan banjir. Sudah terlalu sering banjir bahkan jarang diberikan oleh media nasional. Banjir diwilayah Bandung bagain selatan juga hampir menenggelamkan rumah warga.

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Bandung sebaiknya perlu mengantisipasi hal ini, jangan sampai rencana liburan kamu gagal karena terjebak banjir. Kawasan wisata Bandung banyak terletak di Bandung bagian utara, kawasan ini relatif aman dari banjir karena terletak pada dataran tinggi.

Jika kamu menuju ke objek wisata di Bandung bagian selatan sepertinya harus berhati-hati karena jalan yang kamu lalui rentan terendam banjir. Tentunya banjir ini menyebabkan jalan macet total dan tidak bisa bergerak sama sekali. Kamu bisa berjalan ketika sudah surut. Menunggu banjir surut membutuhkan waktu yang lama. Ada jalur menuju objek wisata di Bandung Selatan tapi jaraknya cukup jauh.

Agar tetap bisa berwisata di Bandung, harus menyiapkan pilihan lain. Di Bandung sendiri ada banyak tampat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya itu wilayah lain sekitar Bandung juga memiliki banyak tempat wisata.

*)