Berwisata ke Istana Air Tirta Gangga, Karangasem, Bali

Berwisata ke Istana Air Tirta Gangga, Karangasem, Bali - Tirta Gangga merupakan bekas istana Kerajaan Karangasem yang terletak di bagian timur Pulau Bali. Lokasinya sekitar 5 km dari Karangasem, tak jauh dari Gunung Agung. Taman ini terkenal karena istana airnya. Dulunya Tirta Gangga ini yang dimiliki oleh Kerajaan Karangasem kerajaan hindu di Bali.

Nama Tirta Gangga mengacu pada istana air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

Istana Air Tirta Gangga merupakan labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun yang selingi oleh patung-patung. Di Istana Air Tirta Gangga terdapat banyak kolam, yang diantaranya berisi ikan. Selain itu ada pula kolam dengan air mancur yang bisa dipakai untuk mandi. Komplek Istana Air Tirta Gangga ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Istana Air Tirta Gangga dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem.

Tetapi Istana Air Tirta Gangga sebagian besar hancur akibat letusan Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963. Kemudian Istana Air ini dibangun kembali dan dipulihkan sampai pada akhirnya jadi objek wisata sejarah di Karangasem, Bali.

Sebagai wisata sejarah tentunya tak banyak wahana atau permainan yang kita temukan disini. Yang jelas kita semakin bisa mengenal objek wisata sejarah di Bali. Di Istana Air Tirta Gangga kita bisa mandi disini. Tapi kalau mandi tentunya ada biaya tambahan.

Di Istana Air Tirta Gangga juga bisa dijadikan tempat foto prewedding, namun ada biaya yang harus dikeluarkan yang jumlahnya tidak sedikit yaitu 500 ribu. Karena pemandangan yang bagus kamu juga bisa berburu foto di Istana Air Tirta Gangga. Satu lagi tiket masuk kesini cukup murah yaitu hanya 5 ribu per orang.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Istana Taman Tirta Gangga dari Denpasar jaraknya sekitar 70 km. Jika kamu berangkat dari Pantai Kuta jaraknya sekitar 80 km, kira-kira butuh waktu 2 jam perjalanan. Jika kamu berangkat dari Ubud jaraknya sekitar 60 km.