Berwisata ke Pantai Lovina, Buleleng, Bali

Berwisata ke Pantai Lovina, Buleleng, Bali - Pantai Lovina merupakan pantai yang terletak di Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali. Menurut informasi jarak Pantai Lovina dari kota Singaraja sekitar 9 km sampai 10 km. Pantai Lovina berbeda dengan Pantai Kuta yang memiliki ombak yang besar, pasir pantai yang berwarna putih. Pantai Lovina memiliki pasir pantai yang berwarna hitam, dan air laut yang cenderung tenang.

Pantai Lovina ini kurang cocok dijadikan tempat berjemur karena pasir pantai yang warnanya hitam, selain itu Pantai Lovina ini banyak isi oleh kapal nelayan setempat.

Pantai Lovina memiliki sebutan lain yaitu Pantai Lumba Lumba atau Dolphin Beach. Ini dikarenakan laut disekitar Pantai Lovina menjadi lokasi pertunjukan ikan lumba lumba hidung botol.

Pertunjukan lumba lumba ini bisa kita saksikan pada pagi hari, sehingga kita sebaiknya harus sudah sampai di Pantai Lovina pada dini harinya. Cara yang bisa dipilih yaitu sehari sebelumnya kita harus sudah sampai di Pantai Lovina, besok paginya kita bisa ikut menyaksikan pertunjukan ikan lumba lumba.

Pertunjukan lumba-lumba bisa disaksikan selama 2 sampai 3 jam. Biasanya dimulai dari jam 5 sampai jam 9 pagi. Setelah pertunjukan selesai maka kita bisa melanjutkan kegiatan snorkeling disekitar Pantai Lovina.

Sebaiknya kamu harus memilih waktu yang tepat agar perjalanan kamu ke Pantai Lovina tidak mengecewakan. Pada bulan-bulan tertentu jumlah lumba lumba lebih sedikit dari biasaya.

Lokasi Pantai Lovina

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Pantai Lovina, jarak antara Pantai dengan Denpasar sekitar 120 km. Membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam untuk mencapai Pantai Lovina. Pantai Lovina terletak disebelah utara Pulau Bali, sehingga cocok sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit.

Akses ke Pantai Lovina

Mengingat tidak ada jalur angkutan umum yang langsung ke Pantai Lovina jadi kamu harus melewati beberapa proses. Pertama-tama, kamu harus naik angkutan umum di Pasar Kuta menuju Terminal Tegal, Denpasar. Dari Terminal Tegal lanjutkan perjalanan menuju Terminal Ubung. Nantinya dari Terminal Ubung kita tinggal naik bus tujuan Pantai Lovina.

Jika ingin simpel kamu bisa sewa mobil dari bandara I Gusti Ngurah Rai langsung ke Pantai Lovina, tapi sewanya memang agak mahal sih. Ingin yang lebih simpel cari teman atau kenalan di Bali yang bisa menjadi tour guide kamu disana, itu bisa lebih murah.

Hotel dan Penginapan di Pantai Lovina

Di sekitar Pantai Lovina ada banyak pilihan hotel, ada yang harganya mahal ada pula yang murah dan terjangkau. Triknya pilihlah hotel yang agak jauh dari bibir Pantai Lovina untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Biaya Menonton Pertunjukan Lumba-Lumba di Pantai Lovina

Untuk menonton pertunjukan kita akan dikenakan biaya tertentu karena kita menyewa perahu nelayan setempat. Tarifnya tidak terlalu mahal, berkisar pada harga 100 ribuan lengkap dengan perahu, pelampung, pengemudi dan juga peralatan snorkeling. Kalau anak-anak bisa lebih murah lagi.

Untuk pengalaman yang lebih menyenangkan maka disarankan untuk membawa kamera waterprof untuk merekam aktivitas lumba lumba dari dalam air. Selain itu juga bisa dipakai untuk merekam gambar atau video diwaktu melakukan snorkeling di Pantai Lovina.

Kuliner atau Makanan Disekitar Pantai Lovina

Mengenai kuliner kamu tidak perlu khawatir karena disini ada banyak aneka kuliner yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di Singaraja ya.