Berwisata ke Pulau Menjangan, Bali

Berwisata ke Pulau Menjangan, Bali - Mungkin kamu belum terlalu akrab dengan nama Pulau Menjangan di Bali. Yaps Pulau Menjangan memang tidak sepopuler spot diving atau snorkeling seperti Wakatobi. Itu karena Bali lebih dikenal dengan wisata pantai dan wisata budayanya, namun yang jelas Pulau Menjangan tidak boleh untuk kamu abaikan begitu saja.

Pulau Menjangan memang tidak populer seperti tempat wisata lain di Bali. Pulau Menjangan ini lebih populer dan lebih dikenal dikalangan pecinta diving dan snorkeling saja. Tak heran kalau bule-bule yang suka diving mainnya ke Pulau Menjangan. Untuk itu Pulau Menjangan sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka diving dan snorkeli

Pulau Menjangan merupakan yang terletak di bagian Bali sebelah Barat. Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Lebih detailnya lokasi Pulau Menjangan berada 10 km di lepas pantai laut Bali Barat Laut Bali.

Sebagai pulau kecil, Pulau Menjangan memang tidak terlalu ramai dikunjungi sehingga cocok untuk kamu yang suka liburan anti mainstream. Suasana yang sepi juga cocok untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran.

Pulau Menjangan sesuai dengan katanya memiliki arti kijang. Yaps katanya sih, dalam bahasa jawa menjangan artinya kijang. Kijang sama dengan rusa, jadi didalam Pulau Menjangan banyak terdapat rusa liar. Kabarnya jumlah rusa di pulau ini jumlahnya semakin berkurang, semoga saja tidak langsung habis atau punah ya. Selain itu kamu jangan berburu disini karena Pulau Menjangan merupakan area yang masuk dalam Taman Nasional Bali Barat. Kalau masih melanggar siap-siap terkena sanksi.

Di Pulau Menjangan ini terkenal dengan spot wall diving. Yaps wall diving merupakan kegiatan mengelam menyusuri tebing bawah laut dengan kedalaman antara 20 meter sampai 60 meter. Katanya area menyelam disini merupakan yang terbaik didunia. Area menyelam terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan kedalam. Berbeda kedalaman maka berbeda pula jenis hewan dan tanaman laut yang akan kamu temukan.

Untuk menyelam kamu harus memiliki sertifikat menyelam, sehingga pilihan lain yang bisa pilih adalah snorkeling. Untuk snorkeling ada area khusus yang tidak tidak terlalu dalam. Secara umum area menyelam dan snorkeling di Pulau Menjangan memiliki arus yang tenang dan tidak terlalu bergelombang. Sebagai antisipasi kamu harus memilih waktu yang tepat agar kunjungan kamu ke Pulau Menjangan tidak sia-sia. Pilihlah waktu yang cerah dan lautnya tidak terlalu bergelombang.

Selain menyelam dan snorkeling kamu juga bisa melakukan aktivitas lain misalnya melihat konservasi hewan, melihat-lihat rusa liar, dan melihat pura yang ada di Pulau Menjangan.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Pulau Menjangan ialah berburu foto. Jadi jangan lupa membawa kamera, bawalah kamera bawah air dan juga kamera untuk didarat. Tujuannya untuk merekam momen kamu selama di Pulau Menjangan.

Bawalah uang lebih sedikit untuk antisipasi pengeluaran tidak terduga selama berkunjung ke Pulau Menjangan Bali :D