6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari Kemacetan di Kota Bandung Khusus untuk Wisatawan

6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari Kemacetan di Kota Bandung Khusus untuk Para Wisatawan - Sekitar 4 tahun terakhir kota Bandung sepertinya semakin macet. Berdasarkan informasi dari warga Bandung, dulunya sekitar 5 sampai 10 tahun yang lalu Bandung itu masih belum terlalu ramai. Kalaupun ramai masih lancar dan bisa dilalui.

Tapi nampaknya sekarang kemacetan di kota Bandung semakin parah. Ini disebabkan oleh volume kendaraan yang semakin bertambah banyak. Lihat saja mobil dan motor semakin banyak di jalanan Bandung. Berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan pun dilakukan oleh pemerintah kota Bandung.

Untuk kamu yang menjadi wisatawan yang berkunjung ke Bandung nantinya jangan heran jika melihat kemacetan di kota Bandung. Di Bandung, macet itu merupakan hal biasa. Untuk kamu yang tidak terjebak macet ketika ke Bandung sebaiknya perlu mambaca artikel ini.

Berikut ini saya akan memberikan tips dan trik untuk menghindari kemacetan di kota Bandung.

Ada 6 cara yang bisa kamu terapkan untuk menghindari kemacetan di kota Bandung.



1. Menggunakan Sepeda Motor

Menggunakan sepeda motor jika ingin mengunjungi tempat wisata merupakan hal tepat. Mengunjungi tempat wisata menggunakan sepeda motor akan lebih mudah karena fleksibel, bisa berjalan dicelah-celah kendaraan mobil, dan biaya bensinya juga murah.

Oleh karena menggunakan sepeda motor lebih mudah dalam menghadapi kemacetan, banyak anak muda di Bandung yang memilih menggunakan sepeda motor. Padahal mereka sebenarnya memiliki mobil yang bisa digunakan untuk ke sekolah, ke kampus atau ke kantor. Biasanya mobil mereka gunakan untuk hari-hari tertentu saja.


2. Menggunakan Jalan Alternatif yang Sepi dan Jarang Dilalui

Jika berkunjung ke Bandung ada baiknya kamu mengetahui jalan "tikus" atau jalan sempit yang bisa jadi jalan alternatif. Menggunakan jalan alternatif dinilai mampu untuk menghindari kemacetan di Bandung.

Memang agak sulit mengetahui dimana saja jalan alternatif di Bandung karena Google Maps sendiri merekomendasikan jalanan yang ramai dan macet. Sebaiknya kamu harus mencari tahu sendiri. Solusi lainnya ajak teman atau bertanya ke teman yang ada sudah paham dengan jalanan di Bandung.


3. Berangkat pada Pagi atau Subuh Hari

Berangkat pada pagi hari bisa jadi strategi untuk menghindari kemacetan di Bandung. Suasana jalanan ketika pagi hari biasanya belum terlalu ramai. Jika setelah solat subuh biasanya lebih sepi lagi.

Berangkat pagi-pagi seperti ini bisa jadi cara untuk menghindari kemacetan di Bandung. Banyak diantaranya teman-teman yang ingin pergi kesuatu tempat atau mudik memilih berangkat pada pagi hari. Namun harap berhati-hati jika terlalu sepi terkadang juga berisiko yaitu pembegalan.


4. Hindari Berangkat pada Jam Masuk dan Jam Pulang Kerja

Menghindari berangkat ketempat wisata pada jam masuk atau pulang kerja merupakan pilihan yang tepat. Jam masuk dan jam pulang kerja merupakan waktu dimana banyak kendaraan yang berlalu lalang dijalanan Bandung.

Volume kendaraan ketika jam masuk dan pulang kerja memang banyak. Jika tetap memaksakan diri jangan terkejut jika kamu terjebak dalam kerumunan kendaraan atau terlambat sampai ditempat tujuan.


5. Hindari Bepergian Ketika Weekend atau Liburan Akhir Pekan

Bepergian pada akhir pekan berisiko terjebak kemacetan. Pada akhir pekan biasanya volume kendaraan meningkat tajam. Bukan hanya kendaraan dari kota Bandung saja, tapi kendaraan dari daerah Jakarta dan sekitar Bandung banyak yang datang ke Bandung.

Kalau ingin liburan atau mengunjungi tempat wisata di Bandung pada hari biasa atau weekday saja karena lebih sepi dan bisa terhindar dari kemacetan. Lagi pula spot wisata di Bandung pada hari biasa tetap buka dan bisa dikunjungi.


6. Hindari Jalan yang Sedang Melangsungkan Acara atau Event Besar

Untuk kamu yang berwisata ke Bandung sebaiknya menghindari jalan yang tak jauh dari lokasi acara besar tertentu. Acara besar yang menyebabkan kemacetan di kota Bandung diantaranya acara pertunjukan musik, acara wisuda dan acara pertandingan sepakbola Persib Bandung. Cari tau infomasi event di Bandung agar tidak terjebak macet.


Kesimpulannya

Itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kemacetan di kota Bandung. Kemacetan tersebut bisa dihindari menggunakan cara-cara tertentu. Pilihlah cara yang menurut kamu terbaik dan tidak berisiko bagi diri kamu sendiri.

Sekian semoga bermanfaat. Semoga pengalaman kamu di Bandung bisa menyenangkan dan mengesankan.


*)