Objek Wisata Situ Denuh di Desa Cikuya Kecamatan Culamega, Tasikmalaya

Objek Wisata Situ Denuh di Desa Cikuya Kecamatan Culamega, Tasikmalaya - Situ Denuh terletak di Desa Cikuya Kecamatan Culamega, berjarak sekitar 100 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Tempat wisata ini memang kurang populer, namun bisa jadi alternatif tempat liburan kamu. Tempat ini cukup sepi sehingga cocok untuk kamu yang menyukai keheningan dan ketenangan.

Selain Situ Denuh disekitar itu juga terdapat beberapa situs sejarah lainnya. Situs sejarah di Denus katanya masih memiliki kaitan dengan situs yang berada di Galunggung dan lain-lainnya.

Situ sendiri merupak sebutan untuk danau atau cekungan yang berisi air. Selain terdapat Situ (danau) yang indah, juga disekitar lokasi Situ Denuh terdapat beberapa situs dan benda cagar budaya sebagai bukti peninggalan masa silam, antara lain:

1. Situs Tugu
2. Situs Bale Kembang
3. Situs Lemah Badong
4. Goa Potong Kujang
5. Goa Binuang
6. Goa Cikuda Hilang
7. Goa Pasir Leungit
8. Makam Keramat Eyang Jantaka atau Batara Karang.

Berdasarkan informasi dari Journesia.com Situ Denuh merupakan danau atau cekungan yang cukup luas yang berada dipuncak perbukitan di Selatan Kabupaten Tasikmalaya. Lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya.

Informasi mengenai proses terbentuknya Situ Denuh ini masih belum bisa diketahui secara pasti, apakah terbentuk secara alami akibat letusan gunung api, jumlah mata air yang ada, berapa sungai yang menjadi sumber aliran masuk atau sungai yang alirannya berasal dari danau ini dan sebagainya.

Jika memang danau yang dibuat manusia tidak diketahui juga tanggal pembuatan, tujuan pembuatan, hingga dokumen lainnya yang menyebutkan bahwa Situ Denuh merupakan sebuah danau buatan.

Sumber: Info Pariwisata dan Budaya Kabupaten Tasikmalaya
.