7 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Bali dalam Mengembangkan Pariwisata

7 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Bali dalam Mengembangkan Pariwisata - Mendengar nama Bali pasti kita akan terpikir dengan tempat wisatanya yang mendunia. Mendengar Bali kita langsung mengetahui bahwa Bali terkenal dengan pantainya yaitu Pantai Kuta. Keindahan Pulau Bali sendiri bisa kita ketahui dari informasi dari televisi, internet, radio, sosial media, film, lagu, foto atau pun informasi dari mulut ke mulut. Intinya cuma satu, Bali itu indah dan menarik untuk dikunjungi.


7 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Bali dalam Mengembangkan Pariwisata

Pada kesempatan ini kita akan mengulas sedikit tentang pelajaran yang bisa kita ambil dari Bali. Pelajaran atau ilmu yang bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. Ilmu ini sebaiknya wajib untuk kita ketahui, terutama pemerintah daerah lain di Indonesia yang ingin pariwisatanya dikenal dunia.

1. Pariwisata di Bali Didukung oleh Pemerintah Daerah di Bali

Mungkin daerah lain yang wisatanya juga didukung oleh pemerintah daerah namun dukungan yang diberikan tidak seberapa. Bentuk dukungnya nyata yang diberikan oleh pemerintah di Bali adalah infrastruktur seperti jalan.

Saya sendiri dan siapapun yang pernah ke Bali pasti merasakan ini. Hampir semua tempat wisata bisa diakses dengan mudah. Meskipun jalannya kecil, dan jaraknya jauh tetapi jalannya ada dan bagus. Bus, mobil dan kendaraan bermotor bisa melalui jalan tersebut dan sampai ke tempat wisata yang dituju.

Padahal kalau dipikir-pikir Bali itu penghasil daerahnya sedikit hanya dari pariwisata saja. Tapi bisa dilihat sendiri infrastrukturnya (jalan) lumayan bagus, malahan lebih bagus daripada daerah yang katanya penghasil minyak bumi dan punya anggaran daerah yang besar.

Intinya, pemerintah daerah lain harus meniru apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah Bali. Anggaran daerah memang sedikit tapi bisa dioptimalkan untuk membangun daerah.

2. Memegang Teguh Budaya Adat Istiadat

Seperti yang kita tau, Bali merupakan daerah yang dikenal memiliki budaya yang unik. Kebudayaan yang unik ini membuat wisatawan dari berbagai daerah lain tertarik untuk datang. Zaman boleh modern tapi budaya tetap dipegang teguh. Malahan di Bali terjadi perpaduan antara budaya dan modern.

3. Masyarakat Bali Memiliki Peran Penting dalam Meningkatkan Pariwisata Bali

Berdasarkan informasu dari pemandu wisata salama di Bali, ada beberapa tempat yang tempat wisatanya dikelola secara swadaya oleh masyarakat Bali. Tempat yang awalnya dikelola secara swadaya yang disebutkan oleh pemandu wisata ketika di Bali adalah Pantai Pandawa, Bali.

Meskipun dikelola secara swadaya tempat ini tetap ramai dikunjungi. Selain itu tanpa bantuan langsung 100 persen dari pemerintah daerah masyarakat Bali disekitar Pantai Pandawa tetap bisa berdikari dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya. Semoga ini jadi motivasi bagi daerah lain agar tidak terus menerus mengharapkan pemerintah.

4. Infomasi Bali Bisa Didapatkan dengan Mudah

Harus kita akui bahwa informasi tentang Bali lebih mudah didapatkan ketimbang informasi daerah saya sendiri (Riau). Jika ingin bukti, coba ketik dipencarian Google kata "bali", akan muncul jutaan hasil pencarian di Google. Namun ketika ketika kata "riau" di pencarian Google bisa dibandingkan lebih banyak hasil pencarian tentang bali atau riau.

Ini bisa jadi satu bukti bahwa informasi tentang Bali lebih banyak ketimbang informasi tentang Riau.

Publikasi tentang wisata Bali lebih gencar ketimbang daerah lain. Bahkan website tentang wisata di Bali lebih didominasi oleh situs lokal di Bali. Informasi di daerah lain memang ada diinternet, paling cuma dari Wikipedia, blogspot dan wordpress. Padahal seharusnya website wisata dari masing-masing daerah harus ada untuk menambah kekayaan informasi daerah tersebut.

5. Bali Aktif Memberikan Informasi di Sosial Media

Bali itu cukup aktif disosial media ini dibuktikan oleh akun sosial media yang banyak memberikan informasi seputar Bali. Beberapa akun sosial media yang memberikan informasi lengkap tentang Bali diantaranya Facebook, Instagram, Twitter, Kaskus dan Youtube. Ini bisa ditiru oleh daerah lain agar aktif memberikan informasi wisata didaerahnya melalui sosial media.

6. Bali Sering Membuat Event atau Festival Tingkat Internasional

Jika kamu sering menonton televisi pasti sering atau beberapa kali melihat informasi event atau acara di Bali yang skalanya sudah internasional. Bahkan konferensi internasional kerap diselenggarakan di Bali. Dengan rutinnya acara tingkat internasional seperti ini maka Bali akan menjadi sorotan dunia dan pada akhirnya akan mengangkat pariwisata Bali hingga tingkat dunia.

Jadi kalau ingin daerahnya menjadi sorotan dunia maka buatlah event atau acara yang melibatkan negara-negara lain didunia. Dengan begitu media internasional akan meliput acara tersebut sehingga daerah tersebut akan semakin dikenal dunia.

7. Membuka Kesempatan Bagi Pemilik Modal untuk Berinvestasi di Bali

Bali merupakan lokasi yang cocok berinvestasi terutama dibidang pariwisata. Tak heran dengan daya tarik pariwisata disana banyak yang mengembangkan destinasi wisata baru di Bali. Pemerintah Bali juga memberikan kesempatan kepada investor, namun investor harus mengikuti aturan yang berlaku di Bali.

Kebijakan ini tentunya memberikan keuntungan kedua belah pihak, baik itu investor dan juga provinsi Bali sendiri. Tentunya ini patut ditiru bagi daerah lain agar wisatanya ikut berkembang.

Kesimpulannya

Itulah tujuh pelajaran yang bisa diambil dari Bali, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk perkembangan wisata daerah lain.
.
.