6 Platform ini Sering Dipakai untuk Membangun Travel Blog

6 Platform ini Sering Dipakai untuk Membangun Travel Blog - Mungkin banyak orang yang suka jalan-jalan tetapi tidak suka menulis. Untuk kamu yang suka jalan-jalan dan suka menceritakan kembali pengalaman perjalanan kamu, ada baiknya kamu segera membangun sebuah travel blog.

Travel blog ini bisa menjadi diary online yang nantinya bisa kamu baca kembali dan tidak perlu khawatir akan hilang (asalkan akunnya masih ingat). Tak hanya itu pengalaman serta cerita yang kamu bagikan di travel blog bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tempat wisata yang pernah kamu kunjungi. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun travel blog.

6 Platform ini Sering Dipakai untuk Membangun Travel Blog
Sumber: Pixabay

Berikut ini kami akan membagikan informasi 6 platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun travel blog.



1. Blogspot.com / Blogger.com

Blogger atau Blogspot, (saya lebih suka menyebutnya dengan blogspot) merupakan platform yang paling banyak dipakai orang untuk membangun travel blog. Sangking banyaknya, sudah tidak dapat disebutkan lagi.

Blogspot ini bisa digunakan secara gratis. Meskipun tulisan dan fotonya banyak, kamu tidak perlu khawatir dengan beban hosting dan bandwith karena sudah ditanggung penuh oleh Google sebagai pemilik Blogspot.

Bukan hanya para travel blogger yang menggunakan Blogspot, tetapi para blogger yang lain yang bukan travel blogger juga banyak yang menggunakan Blogspot. Banyak travel blog yang menggunakan Blogspot karena mudah digunakan, simpel, user friendly, dan pastinya banyak tutorial tentang Blogspot.

Banyak tutorial yang membahas tentang Blogspot membuat para travel blogger tidak kesulitan dalam mengelola blognya. Jika ada kesulitan, bisa segera diatasi dengan cepat. Selain itu subdomain travel blog menggunakan Blogspot juga bisa diubah menjadi dot com, dot net, dot me, dan lain-lain.

Menggunakan Blogspot untuk travel blog juga bisa mendatangkan penghasilan dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense. Google Adsense merupakan program periklan pay per click yang dimiliki Google. Jika iklan Google Adsense yang terpasang di travel blog di klik, maka kita akan dibayar Google untuk setiap kliknya.


2. Wordpress.com

Wordpress merupakan platform blog gratisan yang mirip dengan Blogspot. Ada banyak travelblog yang menggunakan Wordpress.com. Tidak perlu disebutkan satu persatu karena memang sudah banyak sekali travelblog yang menggunakan Wordpress.com.

Sama seperti Blogspot, di Wordpress kamu tidak perlu khawatir dengan hosting dan bandwith. Meskipun fotonya banyak dan ukurannya besar, semuanya sudah ditanggung oleh Wordpress.com. Automattic adalah pemilik Wordpress.com dan wordpress.org.

Banyak orang yang menggunakan Wordpress.com karena menurut saya tampilannya sedikit lebih segar dibandingkan dengan blogspot. Di Wordpress.com kamu juga bisa mengubah subdomain Wordpress.com menjadi domain dot net, dot com, dan sebagainya.

Di Wordpress.com kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan ikut program periklanan WordAds. WordAds merupakan program yang mirip dengan Google Adsense tapi ini khusus untuk Wordpress.com saja.


3. Wordpress.org

Wordpress.org merupakan platform blog yang sering dipakai untuk membangun travel blog. Wordpress.org berbeda dengan Wordpress.com. Wordpress.org digunakan untuk travel blog khusus self hosting. Self hosting ini artinya beban hosting ditanggung oleh pemilik blog.

Jika menggunakan self hosting menggunakan Wordpresa.org, kamu harus membayar domain, instal aplikasi CMS sendiri, bayar hosting, jika ada kesalahan diblog kamu sendiri yang harus memperbaikinya. Untuk aplikasi software CMS untuk mengatur konten di website sudah disediakan oleh pihak Wordpress.org dan bisa kamu install di hosting kamu.

Kebanyakan platform CMS Wordpress.org digunakan oleh mereka yang sudah profesional dan biasanya akan terlihat lebih profesional oleh travel blogger yang lain. Tapi intinya kembali lagi, kalau rasanya belum perlu gunakan saja yang gratisan dulu.


4. Blogdetik

Blogdetik adalah layanan blog gratis dari Detik.com. Detik.com merupakan situs berita terbesar yang berasal dari Indonesia. Jadi Blogdetik adalah platform blog asli Indonesia. Beberapa kali saat saya membuka situs blogdetik, disana banyak travel blogger yang berbagi pengalaman di blogdetik miliknya.

Mirip dengan Wordpress.com dan Blogspot.com kamu tidak perlu pusing-pusing mengenai hosting dan bandwith, karena sudah ditanggung oleh pihak pihak Blogdetik.

Keuntungan membangun travel blog di Blogdetik yaitu, ketika artikel kamu bagus maka link blog kamu berpeluang untuk dimunculkan di situs Detik.com. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan backlink dan trafik gratis dari Detik.com.


5. Tumblr

Tumblr adalah layanan blog gratis milik Yahoo. Tumblr ini mirip dengan diary online karena tampilannya yang minimalis tapi elegan. Banyak travel blogger yang menggunakan Tumblr karena lebih simpel, mudah, selain itu juga tersedia aplikasi mobile untuk pemilik smartphone Android dan iOS.

Tumblr ini bisa digunakan secara gratis dan kamu tidak perlu memikirkan hosting dan bandwith. Semua sudah ditanggung oleh Tumblr.

Aplikasi Tumblr untuk smartphone memungkinkan kita bisa menulis cerita traveling diblog kapan saja dan dimana saja. Asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Tumblr ini juga termasuk sosial media microblogging karena antara pengguna Tumblr yang satu dengan lain bisa terhubung, bisa saling follow, like, coment dan share. Tumblr ini cukup populer digunakan di Indonesia.


6. LiveJournal

LiveJournal merupakan situs yang bisa digunakan untuk membuat travel blog. LiveJournal merupakan layanan blog yang populer digunakan di Amerika dan Rusia. Di Indonesia, LiveJournal memang kurang populer. Namun ada banyak konten berbahasa Indonesia yang bisa ditemukan di LiveJournal.

Meskipun demikian kamu bisa membangun travel blog di LiveJournal. Beberapa travel blogger dari luar negeri banyak yang membuat blog di LiveJournal.

LiveJournal ini bisa digunakan secara gratis, tidak perlu khawatir dengan beban hosting dan bandwith. Semuanya sudah ditanggung oleh LiveJournal. Jika ingin fitur tambahan maka bisa menggunakan fitur berbayar dari LiveJournal.


Kesimpulan

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membangun sebuah travel blog. Pilihlah platform yang mudah digunakan dan memberikan keuntungan bagi travel blog yang kamu miliki. Pilih juga platform sesuai dengan keuangan yang kamu miliki. Kalau ingin hemat pilih saja yang gratisan. Jika ingin yang premium maka pilihlah yang berbayar seperti Wordpress.org.

Catatan: Yang disebutkan disini adalah yang paling sering digunakan, selain yang disebutkan masih banyak lagi. Mengapa tidak disebutkan? Karena ada beberapa platform blog gratis tapi sudah bangkrut dan tutup.


*)