Ramai dan Serunya Acara Car Free Day (CFD) Dago Bandung

Ramai dan Serunya Acara Car Free Day Dago Bandung - Kamu yang tinggal di Bandung pasti mengenal jalan Dago. Jalan Dago merupakan salah satu jalan yang cukup ramai dilalui di kota Bandung. Jalan Dago ini nama aslinya jalan Ir Juanda. Namun orang disekitar Bandung sering menyebutnya dengan nama jalan Dago.

Di jalan Dago ini setiap hari minggu selalu ada acara Car Free Day. Car Free Day atau CFD ini berlangsung dari pagi sampai jam 10 pagi. Selama itu pula jalan Dago tidak boleh dilalui oleh kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, truk dan lain sebagainya.

Ramai dan Serunya Acara Car Free Day (CFD) Dago Bandung

Selama CFD berlangsung yang membawa kendaraan bermotor, maka kita tidak bisa melewati jalan ini. Kamu harus melewati jalan lain yang boleh dilewati kendaraan bermotor. Salah satu jalan ramai dijadikan tempat parkir kerdaraan bermotor adalah jalan di kampus ITB, jalan samping RS Boromeus dan jalan dekat dengan gereja bawah pasupati.

Pak polisi nanti juga tampak mengatur dan mengawasi berjalannya acara CFD Dago. Tampak diujung jalan pak polisi menjadikan mobil patroli dan motor patroli sebagai barikade agar tidak dilalui oleh kendaraan bermotor. Ada juga polisi yang berpatroli sambil naik sepeda. Kalau menurut saya mereka ini benar-benar polisi Go-green. Selain polisi, ada banyak pula masyarakat yang naik sepeda di CFD.

Kalau sepeda boleh dibawa di CFD. Namun harus hati-hati karena oranya sangat ramai. Kalau tidak hati-hati khawatir malah menabrak orang. Terlebih lagi jalan Dago ini agak miring dan akan laju dijalan yang menurun.

CFD Dago berlangsung sampai jam 10 pagi. Jika sudah jam 10 pagi maka kamu harus segera menyingkir dari jalanan karena kendaraan seperti mobil dan motor banyak yang melewati jalan ini.

Jalan Dago ini panjang, tapi tidak semuanya dipakai untuk CFD. Hanya sebagai kecil saja yang dijadikan tempat CFD.

Manfaat Diselenggarakannya Acara CFD Dago

Ada banyak manfaat yang tentunya bisa dirasakan oleh masyarakat dengan berlangsungnya acara CFD Dago ini, diantaranya.

a. Udara menjadi lebih segar dan sehat karena bebas dari emisi kendaraan bermotor
b. Jadi ruang publik
c. Jadi ruang interaksi masyarakat
d. Jadi tempat olahraga yang murah karena bisa bersepeda, jogging, sepatu roda, senam dan banyak lagi
e. Untuk penjual bisa jadi tempat mencari rezeki dengan cara jualan camilan, jajanan, dan jualan lainnya
f. Untuk pembeli bisa cari makanan murah, dan bisa beli barang-barang bagus dengan murah
g. Bisa jadi panggung terbuka untuk pertunjukan seni dan budaya
h. Bisa untuk ruang promosi gratis bagi pemilik usaha

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan selama berlangsungnya acara CFD Dago. Mungkin masih ada manfaat lain dari acara CFD Dago ini. Acara CFD seperti ini, menurut saya ada baiknya juga diterapkan didaerah lain.

Sekarang Jalan Dago sepanjang Jalur CFD Sedang Direnovasi

Untuk sekarang ini (Desember 2016) trotoar dan saluran drainase sedang dalam perbaikan. Belum tau sampai kapan renovasi ini berlangsung, karena sampai sekarang masih belum selesai.

Renovasi ini tentunya sedikit mengganggu karena trotoar untuk para pejalan kaki dibongkar. Nampak semrawut karena banyak batuan beton, tanah, lumpur, batu, pasir, alat berat dan banyak lagi.

Semoga saja renovasi ini tidak mengganggu berlangsungnya acara CFD. Semoga proses renovasi bisa segera selesai dan CFD kembali lebih ramai lagi.


*)