Amankah Terbang dengan Pesawat Lion Air?

Amankah Terbang dengan Pesawat Lion Air? - Lion Air adalah meskapai penerbangan dengan biaya murah yang berasal dari Indonesia. Lion Air adalah pesawat yang memiliki rute penerbangan yang cukup banyak di Indonesia melebihi rute penerbangan Garuda Indonesia. Jadi bisa disebut bahwa Lion Air adalah market leader atau pemimpin pasar untuk penerbangan di Indonesa. Ini berdasarkan data dari Tirto.id. Tidak heran jika Lion Air ini banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Amankah Terbang dengan Pesawat Lion Air?
Sumber: Freepik

Beberapa waktu yang lalu Lion Air ditimpa musibah yaitu pesawat Lion Air jatuh dalam penerbangan Jakarta Pangkal Pinang dengan nomor penerbangan JT610. Selain itu Lion Air juga mengalami musibah ketika di Bali yaitu mendarat darurat di pantai Bali. Intinya jika ditanya pesawat mana yang paling sering jatuh, orang akan langsung menjawab Lion Air. Ini wajar karena data menunjukkan demikian.

Namun jika ditanya apakah aman naik pesawat Lion Air? Saya akan menjawab aman meskipun ada sedikit kecemasan. Sebenarnya tidak ada jaminan penerbangan yang mutlak aman digunakan. Pada intinya setiap penerbangan itu berisiko baik itu pesawat terbang, pesawat tempur militer, pesawat jet pribadi, dan helikopter. Pesawat sekelas Fly Emirates pun memiliki risiko. Namun ada beberapa meskapai yang memiliki risiko yang besar dan risiko yang kecil.

Cara menentukan suatu meskapai penerbangan aman atau tidak digunakan (tidak jatuh dalam penerbangan) lihat dari cacatan penerbangannya dimasa lalu. Jika memiliki catatan jatuh yang sedikit dan mungkin tidak ada sama sekali, maka pilihlah penerbangan tersebut. Memang sih, kebanyakan penerbangan yang cukup aman adalah penerbangan kelas premium dan ada juga sebagian yang kelas ekonomi. Lion Air itu masuk dalam kategori pesawat dengan penerbangan kelas ekonomi karena harga yang murah.

Apakah Lion Air aman? Sekali lagi saya jawab, aman-aman saja. Lion Air itu memiliki rute penerbangan yang paling banyak, paling ramai dan paling sering digunakan. Dalam kurun waktu yang cukup lama, pesawat Lion Air aman-aman saja. Selain itu jangan lupa bandingkan persentasi jumlah penerbangan yang selamat dan kecelakaan. Persentasi penerbangan yang mengalami kecelakaan itu sangat kecil sekali.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini dari Vincent Raditya dan Fitra Eri