Lebih Seru Penerbangan dengan Pesawat Ketika Siang atau Malam

Lebih Seru Penerbangan dengan Pesawat Ketika Siang atau Malam? -  Dulu saya mengira bahwa perjalanan dengan pesawat ketika malam hari itu lebih asik dibandingkan dengan penerbangan siang hari. Namun ternyata penerbangan malam hari itu menurut saya lebih seram atau horor dibandingkan dengan penerbangan di siang hari. Saya pernah melakukan penerbangan dimalam hari ketika dari Balikpapan menuju Jakarta menggunakan pesawat Lion Air. Penerbangan itu terjadi ketika beberapa bulan setelah kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT610 yaitu Jakarta Pangkal Pinang.

Lebih Seru Penerbangan dengan Pesawat Ketika Siang atau Malam
Sumber: Freepik

Diawal take off, memang asyik karena kita bisa melihat pemandangan lampu kota Balikpapan dari ketinggian. Tentunya pemandangan ini hanya bisa terlihat oleh mereka yang naik pesawat atau pakai drone. Tentunya ini pengalaman yang menyenangkan menurut saya. Tapi setelah kita meninggalkan kota Balikpapan, kita mulai memasuki kegelapan yang teramat sangat. Ketika itu bertempatan dengan cuaca yang kurang baik, langit yang mendung dan gelap, dan tidak ada bulan purnama. Jadi penerbangannya hanya terbang dalam kegelapan saja.

Diruang kabin pesawat juga sama, gelap karena lampu kabin dimatikan untuk menghemat energi dan agar penumpang bisa tidur. Kalau penerbangan siang, sekali-kali kita bisa menoleh jendela pesawat dan melihat samudra awan putih yang membentang. Pemandangan samudara awan ini bisa dengan mudah dinikmati. Samudara awan juga berada dibawah kita. Jika penerbangan siang hari kita juga bisa menyaksikan sesekali kita melewati gumpalan awan putih.

Tapi kalau penerbangan malam kita hanya bisa melihat gelapnya malam. Awan putih pun tidak bisa dilihat karena gelapnya. Paling seram itu ketika ada arahan menggunakan sabuk pengamanan karena pesawat sedikit bergoncang akibat cuaca yang buruk. Pemandangan bagus bisa dinikmati kembali ketika pesawat akan mendarat dibandara Soekarno Hatta. Dari kejauhan kita bisa melihat lampu kota Jakarta dan Tangerang, melihat kemacetan dijalan, lampu kota yang bersinar sangat terang. Pemandangan ini hanya terjadi sekitar 15 menit sebelum mendarat.

Bagi yang suka dengan pemandangan ini bisa mendokumentasikan menggunakan kamera. Bolehkah pakai handphone? Saya sendiri tidak merekomendasikan pakai handphone, saya juga lebih suka mematikan handphone ketika berada didalam pesawat.